Wifi Lemot, ini Biang Keroknya!

  • Bagikan
ilustrasi : freepik

Newssinergi – Inilah Penyebab Kenapa Wifi Bisa Lemot – Jika Anda mengalami WiFi yang terasa lamban atau Lemot, mungkin ada beberapa alasan. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki WiFi yang Lemot. Jadi, mari kita lihat Penyebab Kenapa WiFi Bisa Lemot Dan Cara Mengatasi hal tersebut.

Penyebab Wifi Lemot

Penempatan Router: Tinggi VS Rendah

Penempatan router Anda memainkan peran penting dalam jaringan WiFi rumah Anda. Bahkan sedikit perubahan posisi dapat memperLemot WiFi Anda. Sebenarnya, menentukan posisi yang benar adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan kecepatan router Anda.

Ternyata, ketinggian router tidak ada bedanya. Memasang router di tanah atau di belakang objek lain biasanya menghasilkan kinerja yang jauh lebih buruk. Sebaliknya, tempatkan router setinggi mungkin untuk memperluas jangkauan siaran radio. Ini juga membantu menghilangkan gangguan pada router.

 

Bahan Bangunan Memblokir Sinyal WiFi

Bahan seperti beton dan logam biasanya menjadi penghalang sinyal WiFi terbesar. Jadi, Anda mungkin ingin menghindari menempatkan router Anda di ruang bawah tanah, karena banyak beton biasanya menutupi area ini. Bahan lain juga dapat menghambat kinerja jaringan nirkabel Anda. Pastikan benda besar lainnya tidak menghalangi router Anda.

Baca Juga : Charger HP Cepat Rusak? ini 2 Penyebab Utamanya

Jarak ke Router

Semakin jauh perangkat Anda dari router, semakin lemah sinyal WiFi. Oleh karena itu, opsi terbaik adalah menempatkan router Anda sedekat mungkin dengan perangkat Anda. Jika router siaran Anda terlihat sangat lemah atau jika rumah Anda sangat besar, maka Anda mungkin perlu meningkatkan jangkauan pita WiFi. Extender atau repeater WiFi adalah perangkat tambahan yang terhubung ke router utama dan untuk mencakup area yang lebih luas.

Pengguna Rumah Tangga Lainnya

Pernahkah Anda membiarkan unduhan besar berjalan di PC Anda? Itu mungkin penyebab WiFi Anda Lemot. Mengunduh file besar dapat sangat merusak kinerja WiFi Anda. Jadi, jika Anda menjalankan tugas yang tidak mendesak, coba jeda.

Apa yang lebih mungkin, bagaimanapun, adalah bahwa orang-orang di jaringan Anda seperti teman, teman sekamar, atau anggota keluarga mengambil bagian dalam aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth seperti bermain game atau streaming video.

Terlalu Banyak Perangkat Terhubung Ke WiFi

Anda perlu menghitung berapa banyak perangkat yang terhubung ke WiFi Anda. Karena semakin banyak perangkat yang terhubung, semakin Lemot kecepatan internet Anda. Banyak perangkat yang secara otomatis mengunduh dan mengunggah yang dapat menghabiskan bandwidth. Karena itu, jika Anda memiliki banyak perangkat yang terhubung ke WiFi, pastikan Anda membeli paket internet yang memadai.

Cara Memperbaiki WiFi Lemot

Mengidentifikasi penyebab WiFi Anda Lemot atau Lemot bisa menjadi tantangan. Dari hal teknis hingga non teknis bisa menjadi penyebab router Anda lemot atau Lemot. Oleh karena itu, untuk memperbaikinya, mulailah dengan hal-hal sederhana seperti me-restart perangkat router WiFi Anda. Jika Anda masih mengalami masalah internet yang Lemot, inilah saatnya untuk menghubungi ISP Anda untuk mendapatkan jawaban.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *