Tim Penyelam TNI AL Temukan Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182, Tapi...

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan kotak hitam yang ditemukan adalah Flight Data Recorder (FDR)

Tim Penyelam TNI AL Temukan Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182, Tapi...
Ilustrasi black box, flight data recorder (Foto: Istimewa)

News Sinergi - Tim penyelam TNI AL berhasil menemukan kotak hitam atau black box Sriwijaya Air SJ182, Selasa (12/1/2021), sekitar pukul 16.00 WIB.

Kotak hitam ditemukan oleh tim Kopaskal Armada 1 TNI Angkatan Laut. Selanjutnya, kotak hitam diserahkan ke tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk ditindaklanjuti.

Namun demikian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan kotak hitam yang ditemukan adalah Flight Data Recorder (FDR), yakni rekaman data penerbangan. FDR ini merekam berbagai data semua aspek pesawat saat terbang, dari satu tempat ke tempat lain.


Baca Juga: Update Jatuhnya Sriwijaya Air: Basarnas Temukan 14 Bagian Tubuh


"Hari ini, tepat pukul 14.00, KASAL menyampaikan pada saya bahwa sesuai perkiraan yang ditentukan, di wilayah yang ditandai, telah ditemukan bagian dari FDR," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Bagian yang ditemukan, pecahan underwater locator beacon, yang fungsinya berikan sinyal. Untuk itu saya minta KASAL cari FDR. 16.40 KASAL sampaikan bahwa FDR sudah ditemukan dan dilaporkan underwater locator beacon ditemukan dua," jelasnya.

Seluruh tim saat ini masih mencari keberadaan kotak hitam jenis Cockpit Voice Recorder (CVR) atau rekaman percakapan dalam kokpit pesawat. CVR ini merekam seluruh percakapan di dek penerbangan dan suara seperti transmisi radio. (sty)