Sumeru Erupsi! ini Kumpulan Faktanya

  • Bagikan
Gunung Semeru tampak mengeluarkan letusan yang disertai suara dentuman sangat keras yang terpantau dari Desa Supit Urang, kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (3/7/2011), ANTARA FOTO

Newssinergi – Semeru, Salah satu gunung milik Indonesia yang terkenal di Pulau Jawa, lebih tepatnya berada di Jawa Timur, di Provinsi Lumajang dan juga menjadi destinasi para pendaki Pada Jumat bulan ini kembali diguncang oleh satu peristiwa alam yang sering terjadi, yaitu erupsi.

Betul, Gunung Semeru kembali meletus dan memakan korban jiwa dan ternyata, ini tidak terjadi hanya sekali saja, ternyata meletus dua kali juga, di hari berikutnya yaitu jatuh pada hari Sabtu.

Tetapi, ternyata Gunung Semeru sebelumnya pernah mengalami letusan yang sangat fenomenal saat tahun 1977, dan menghasilkan guguran awan panas yang mencapai jarak sekitar 400km sampai ke daerah Besuk Kembar.

 

  • Tidak Ada Peringatan Dini

Peristiwa meletusnya Gunung Semeru ini, menimbulkan pertanyaan dari berbagai macam kalangan. Ada, salah satu pengguna sosial media bertanya tentang kemana alat pendeteksi alarm untuk peringatan gunung meletus alias Early Warning System.

Biasanya, jika ada muncul tanda-tanda gunung akan meletus,  Alarm Early Warning System sudah dinyalakan terlebih dahulu, dan masyarakat sudah langsung evakuasi ke tempat yang jangkauan nya jauh dari area gunung yang akan meletus.

Tetapi anehnya, early warning system yang berada di area Gunung Semeru tidak ada memberi tanda-tanda peringatan, begitu juga beredar kabar rumor kalau alat warning early system tersebut mati.

 

  • Menimbulkan Korban Jiwa

Dari meletusnya Gunung Semeru ini, ternyata telah memakan korban sekitar 43 orang. Sedangkan sisanya yang mengalami luka-luka ada 104 orang, jika di hitung secara terpisah, 82 orang yang mengalami luka sedang, lalu sekitar 32 orang yang mengalami luka berat.

Hingga sampai pada saat ini, tim pencari masih tetap terus berusaha untuk, mencari para korban atau upaya bantuan, di beberapa daerah yang sudah terkena abu vulkanik dari letusan Gunung Semeru.

 

  • Masuk ke Dalam Trending Topik Sosial Media

Ternyata dengan kejadian ini, Gunung Semeru sudah masuk ke dalam trending topik sosial media, salah satunya adalah Twitter dan menempati posisi trending nomor 1. Tidak sedikit cuitan warganet yang membahas terkait meletusnya Gunung Semeru.

Selain cuitan, warganetpun juga membagikan beberapa media seperti gambar dan juga video, terkait tentang situasi sekitar Gunung Semeru. Dan, salah satu warganet juga membagikan rekaman video Gunung Semeru yang mengeluarkan lahar panas dari daerah pemukiman.

 

  • Disebut Sebagai Paku Bumi Pulau Jawa

Ternyata, dibalik dari meletusnnya Gunung Semeru ini, ada fakta yang mengejutkan lainnya, Gunung ini dipercaya bagi umat Hindu sebagai salah satu Gunung yang sakral karena para dewa bersemayam disitu.

Berdasarkan dari legenda juga mengatakan bahwa terciptnya Gunung Semeru ini, terjadi dengan adanya campur tangan Dewa Brahma, yang menjelma menjadi kura-kura untuk membawa Gunung Semeru, dan Dewa Wishnu yang menjelma menjadi ular. Lalu kemudian ular membelit gunung dan kura-kura, agar lebih mudah dan aman saat diangkut.

Setelah Gunung Semeru, sudah ditancapkan di bagian timur, saat itu Pulau Jawa masih terombang-ambing, dan puncak Semeru terbagi lagi menjadi dua yang letaknya di sisi barat, disebut sebagai Gunung Penanggungan. (rzk)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *