Shin Tae Yong : Poles Timnas Bangun Mentalitas

  • Bagikan
STY
Pelatih timnas Sin Tae Young. foto : dok Newssinergi (sholeh)

Newssinergi –  Taktik strategi jitu yang diberikan oleh Shin Tae Yong memang sudah tidak perlu diragukan lagi dapat membuat Timnas Indonesia menjadi lebih lincah dan lebih semangat bertanding dalam berbagai macam pertandingan antar negara.

Dikenal sebagai pelatih yang menggembleng Timnas Garuda, dengan latihan fokus tingkat tinggi. Berkat dari cara Shin Tae Yong melatih Timnas Garuda, Pelatih asal Korea Selatan ini dijuluki Mourinho dari Asia oleh jurnalis BBC, John Duerden.

Baca JugaDeretan Film Seru Warnai Natal dan Tahun Baru

Ternyata, awal mula cerita bagaimana, Shin Tae Yong, dapat menjadi pelatih Timas Indonesia berawal dari dimana PSSI mendengarkan presentasi yang diberikan oleh Shin Tae Yong di Kuala Lumpur, Malaysia sekitar tahun 2019 lalu. Shin Tae Yong, menceritakan bagaimana dia bisa membawa Timnas Korea Selatan yang mampu hampir sampai pada level puncak perputaran final Piala Dunia U20.

Selain itu, ternyata Shin Tae Yong juga melihat potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh Timnas Indonesia sangatlah cerah, baik dari Timnas U16, U19, dan juga U23. Selain itu juga faktor fanatisme Indonesia terhadap dunia sepak bola pun juga menjadi ketertarikan buat mantan Pelatih Timnas Korea Selatan, untuk memutuskan menjadi pelatih Timnas Garuda, agar Indonesia bisa lebih unggul dalam skill permainan Sepak Bola.

Sebelum melatih Indonesia, banyak sekali prestasi yang sudah di raih selama melatih Korea Selatan. Yang pertama adalah, dapat menghantarkan Timnas Korea Selatan ke final U-23 Piala Asia 2016, walaupun kalah oleh Jepang dengan skor 2-3.

Yang kedua adalah, dapat menghantarkan nya menjadi juara AFF Championship 2017, yang dimana pada saat itu mereka sudah mengumpulkan tujuh poin dan berhasil meraih piala AFF Championship.

Ditambah lagi juga berhasil mengorbitkan pemain asal Korea Selatan Hwang Hee Chan ke Wolverhampton, Inggris. Begitu juga dengan mengantarkan Seongnam, menjadi juara Liga Champions Asia pada tahun 2010, dengan begitu prestasi yang sudah dimiliki oleh Shin Tae Yong dapat menjadi bekal untuk melatih Timnas Indonesia, agar dapat bertanding menjadi lebih semangat dan tidak menyerah, serta stamina yang kuat.

Walaupun, Shin Tae Yong masih baru dalam melatih anak-anak Timnas Indonesia, tetapi mantan Pelatih Korea Selatan mempunyai harapan dan ekspektasi yang tinggi terhadap timnas Indonesia, apalagi saat ini Shin Tae Yong perdana melihat bagaimana Timnas Garuda bertanding pada Piala AFF 2021.

Beberapa pemain yang sudah merasakan bagaimana  dilatih secara profesional oleh Shin Tae Yong, dan beberapa pemain timnas terbaik yang dilatih, ternyata memang sangat kompeten dan berpengalaman. Seperti Egi Maulana Fikri, yang merupakan salah satu bekas mantan pemain bola dari salah satu klub di Belanda,

Ternyata, dari hasil training yang dilakukan oleh Shin Tae Yong membuahkan hasil yang sangat bagus, dan berkat pengalaman sebelumnya dari Klub Seongnam yang sampai berhasil menjadi juara, dan kemudian melatih Timnas Korea Selatan, dapat berguna untuk  melatih Timnas Indonesia, hasilnya mengalami peningkatan dan mendapatkan penilaian yang bagus dari Ketua Umum PSSI.

Hingga sampai saat ini, Shin Tae Yong masih terus mempersiapkan dan berjuang keras melatih timnas Indonesia, untuk bertanding melawan saingan di dalam grup B (yang berarti bersama dengan Vietnam, Kamboja, Laos, dan Malaysia).  (rzk)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *