Serba-Serbi dan Sejarah Olahraga Tenis

  • Bagikan
ilustrasi : freepik

Sejarah dan Keunikan Tentang Cabang Olahraga Tenis- Tenis modern adalah olahraga yang dikembangkan oleh bangsawan Inggris pada abad ke-19, pada waktu itu tenis adalah tema permainan tenis, bukan lapangan seperti sekarang melainkan lapangan berumput, pada waktu itu tenis dikenal dengan istilah Lawn Tennis mengatakan bahwa tenis lapangan rumput diakui oleh seseorang bernama Arthur Balfour.

Dan saat itu tenis juga menggunakan bola karet untuk mengurangi kerusakan lapangan rumput. Seiring berjalannya waktu Olahraga Tenis ini mulai berkembang pesat, dan dibentuklah sebuah federasi yang terkenal, federasi tenis ini biasa dikenal dengan ITF atau International Tennis Lawn Federation). Pada tahun 1924 ILTF menjadi anggota resmi yang memiliki wewenang dan dapat mengendalikan semua cabang olahraga tenis di seluruh dunia.

Tenis merupakan olahraga yang hampir mirip dengan bulu tangkis. Tenis adalah olahraga yang dimainkan oleh dua pemain, atau bahkan ganda. Olahraga tenis ini menggunakan peralatan seperti raket dan bola karet. Untuk memenangkan pertandingan tenis ini, dengan memenangkan 2 set pertama dari 3 set pertandingan, pemain yang memenangkan 2 set pertandingan dianggap telah memenangkan pertandingan.

Perlengkapan atau Equipment

Dalam olahraga tenis ini ada beberapa perlengkapan yang harus anda miliki, ada juga alat yang akan digunakan untuk melaksanakan pertandingan.

Raket

Raket merupakan salah satu perlengkapan utama yang harus anda sediakan, raket tenis harus memiliki permukaan yang rata, dan dilengkapi dengan senar horizontal dan vertikal. lebar raket tenis juga tidak boleh melebihi 31,7 inci dan Panjangnya biasanya 73,7 inci.

Bola

Bola yang digunakan harus terbuat dari karet, biasanya bola tenis ini berwarna kuning cerah, bola tenis harus berdiameter sekitar 6,35 cm hingga 6,67 cm, dan bola tenis juga biasanya memiliki berat sekitar 56,7 gram hingga 58,5 gram.

Lapangan tenis

Dalam olahraga tenis, ada 3 jenis lapangan yang perlu Anda ketahui. Lapangan tenis biasanya dibagi dua dengan jaring atau jaring pemisah antara daerah lawan dan para pemain. Berikut adalah jenis-jenis lapangan tenis.

Tanah Liat atau Debu Bata

Jenis lapangan ini terdiri dari, tanah liar, debu batu bata, dan tanah yang biasa disebut tanah liat, lapangan yang satu ini memiliki kekurangan yaitu permukaannya membuat pemain lambat bergerak dan saat pemain menyentuh bola.

Baca JugaShin Tae Yong : Poles Timnas Bangun Mentalitas

Lapangan Hardcourt

Lapangan Hardcourt ini merupakan lapangan yang sangat trending di Amerika Serikat dan Australia, lapangan ini terbuat dari aspal, semen, kayu hingga tartan. Lapangan ini sangat berbeda dengan lapangan tanah liat, karena permukaan lapangan hardcourt dapat mempermudah pergerakan pemain.

Rumput Atau Lawn

Untuk lapangan yang satu ini cukup menarik, karena dipenuhi dengan rumput yang ditanam di tanah yang keras.

Hakim Dalam Pertandingan Tenis

Permainan bola tenis memiliki beberapa juri yang akan mengawasi pemain jika ada yang melakukan pelanggaran, biasanya juri dalam pertandingan tenis ini terdiri dari 12 orang juri. Berikut penjelasannya

  • Ketua Juri
  • Servant Judge
  • Hakim Garis
  • Hakim Pengadilan
  • Hakim garis tengah
  • Serving juri
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *