Resmi Tahan Rizieq Shihab, Polri: Agar Tak Melarikan Diri

Rizieq Shihab ditahan usai menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 12 jam pada Sabtu (12/12/2020).

Resmi Tahan Rizieq Shihab, Polri: Agar Tak Melarikan Diri
Rizieq Shihab resmi ditahan (Foto: dok. Humas Polri)

News Sinergi - Polda Metro Jaya resmi menahan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Sebagaimana dilansir laman resmi Polri, Rizieq Shihab ditahan usai menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 12 jam pada Sabtu (12/12/2020).

Selama menjalani pemeriksaan, yang berlangsung dari 11.30 WIB sampai 22.00 WIB, Rizieq Shihab mendapatkan 84 pertanyan dari penyidik.

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu kemudian keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya dengan mengenakan baju tahanan warna oranye dan kedua tangan diikat cable ties.  


Baca Juga: Polda Metro Jaya Umumkan Hasil Tes Covid-19 Rizieq Shihab


"Alasan penahanan ada dua, yaitu objektif dan subjektif," ungkap Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Kemudian yang subjektif kenapa dilakukan penahanan, pertama agar tersangka tidak melarikan diri, kemudian tersangka tidak menghilangkan barang bukti. Ketiga adalah tidak mengulangi perbuatannya dan intinya juga dilakukan penahanan agar mempermudah proses penyidikan," terangnya.

Lebih lanjut Argo mengatakan, secara objektif, Rizieq Shihab terancam hukuman penjara di atas lima tahun.

Selanjutnya Rizieq Shihab dibawa ke rutan Polda Metro Jaya dan menjalani penahanan selama 20 hari, terhitung sejak 12 Desember hingga 31 Desember 2020. (sty)