Polemik Shalat Idul Fitri di rumah, MUI : jangan di bikin stress

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis mengatakan, sholat Idul Fitri bisa dilakukan di masjid dan lapangan tetapi harus sesuai standar prokes, karena tidak jauh berbeda penerapannya saat mengadakan sholat Jum'at.

Polemik Shalat Idul Fitri di rumah, MUI : jangan di bikin stress
Foto : Istimewa

Newssinergi-Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan Sholat Idul Fitri pada Lebaran tahun ini dirumah saja, guna mencegah penularan virus Covid 19 beberapa waktu lalu.

dikutip dari okezone.com, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis mengatakan, sholat Idul Fitri bisa dilakukan di masjid dan lapangan tetapi harus sesuai standar prokes, karena tidak jauh berbeda penerapannya saat mengadakan sholat Jum'at.

"Kita sudah lama menjalankan kembali sholat Jum'at dengan Prokes yang ketat dan baik maka shalat Idul Fitri ini tak jauh beda dengan sholat Jum'at dan mematuhi protkes dan bisa menghindar kerumunan yang berpotensi penularan Covid-19,"kata Cholil, Minggu(9/5/2021).

Menurutnya, sholat Idul Fitri yang dilakukan di lapangan itu dilaksanakan di ruang terbuka bisa lebih menjaga jarak hingga memudahkan penerapan prokes.

Cholil juga mengatakan prihal sholat Idul Fitri bukan hanya sunah semata melainkan juga syi’ar, dan bentuk kegembiraan umat Islam merayakan kemenangan setelah berpuasa Ramadhan sebulan penuh.

"Jangan sampai kita ini dibikin stres, dibikin tidak nyaman sudah tidak pulang kampung. Mereka merasa gelisah karena tidak dapat melaksanakan sholat Idul Fitri yang memang hukumannya sunah, tapi orang merasa berharga karena dilakukan setahun sekali. Kedua, nilai syiarnya kepada kita semua bagaimana merayakan kemenangan setelah kita berpuasa selama satu bulan,"tutup Cholil Nafis.(Red)