Pelaku Penipuan Lowongan Kerja Bank BNI Berhasil di Ciduk

Pelaku Penipuan Lowongan Kerja Bank BNI Berhasil di Ciduk
Foto : dok. Polda Metro

News Sinergi - Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya menangkap seorang pelaku penipuan Lowongan kerja di Bank BNI berinisial MTN di Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan 13/03/21 lalu.

Dalam aksinya pelaku telah melakukan penipuan di berbagai perusahaan termasuk BUMN dan juga Bank BNI dengan iming iming bekerja di perusahaan tersebut lewat Media Sosial.

"setelah kita lakukan penangkapan dan pendalaman ternyata tersangka ini bukan hanya di Bank BNI saja, bahkan ada beberapa perusahan perusahaan Bank lain bahkan BUMN, dia lakukan penipuan melalui media elektronik dengan mengundang orang orang dan menjanjikan akan bisa bekerja". tegas Yusri Yunus dalam jumpa Pers di Polda Metro Jaya 25/03/2021.

Baca JugaDiduga Terlibat Pencucian Uang dan Gratifikasi, Dua Pejabat BPN Ditahan

Lebih lanjut Yusri menambahkan modus dari tersangka saat melakukan penipuan atas nama Bank BNI adalah membuat sendiri akun Gmailrecruitment.callbni@gmail.com. berikut nomor yang bisa di hubungi dan juga membuat Logo Bank BNI palsu untuk memuluskan aksinya.

"modusnya adalah melalui akun yang ada,dan nomor hape,kemudian pelaku melakukan reckruitmen karyawan BNI dengan Logo BNI Palsu yang seolah olah di buat oleh pihak Bank BNI". terang Yusri

"Bila ada yang sudah mendaftar kemudian diberikan syarat biaya transportasi yang perlu disiapkan korban sebesar 1,7 juta, dan tersangka MTN sejak setahun terakhir beraksi berhasil meraup Rp 40 juta," tambah Yusri Yunus

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 35 junto pasal 51 ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancamannya pidana penjara paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak Rp 12 miliar. (slh/rzk)