Ini Penyebab Listrik Jakarta dan Sekitarnya Sempat 'Black Out'

Upaya pernomalan berhasil dilakukan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lain

Ini Penyebab Listrik Jakarta dan Sekitarnya Sempat 'Black Out'
Menteri BUMN Erick Thohir sidak PLN (foto: dok. Erick Thohir)

News Sinergi - Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik tiba-tiba selama kurang lebih satu jam lebih, Minggu (1/11) siang WIB. Menteri BUMN, Erick Thohir bahkan sampai harus melakukan inspeksi mendadak ke kantor PLN. 

Upaya pernomalan berhasil dilakukan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lain. Hanya dalam kurun waktu sekitar satu jam, listrik kembali menyala sekitar pukul 02.00 siang WIB. 

"Hujan deras disertai petir yang terjadi di Daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB," ungkap Erick kepada wartawan, Minggu (1/11/2020).

Sebelumnya PLN menginformasikan, gangguan terjadi pada SUTET 500 KV pada pukul 12.58 WIB. SUTET yang mengalami gangguan antara lain SUTET Muara Tawar-Cibatu, SUTET Depok-Cibinong, SUTET CAWANG-Muara Tawar dan SUTET Bekasi Tambun.

"PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," kata EVP Corporate Communication & CSR, Agung Murdifi, dilansir medcom.

(sty)