KPK nonaktifkan Novel Baswedan

Novel juga menilai penonaktifan 75 pegawai KPK yang di anggap tidak lolos TWK bukan proses yang wajar.

KPK nonaktifkan Novel Baswedan
Foto : istimewa

Newssinergi-Penyidik senior KPK Novel Baswedan beserta 74 pegawai KPK lainnya telah resmi dinonaktifkan oleh KPK,alasan penonaktifan Novel Baswedan dan ke 74 anggota KPK lainnya karna di anggap tidak lolos asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) yang menjadi salah satu persyaratan alih status pegawai menjadi ASN.

Penonaktifan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021. SK tersebut tertanda Ketua KPK Firli Bahuri yang ditetapkan di Jakarta, 7 Mei 2021. 

dengan adanya hal tersebut, Novel Baswedan beserta ke 74 pegawai KPK lainnya tengah berdiskusi prihal keputusan penonaktifan tersebut yang di nilainya janggal, 

Menurut Novel, akan ada pendapingan hukum dari koalisi masyarakat sipil yang akan mendampingi proses ke depannya.

"Akan ada tim kuasa hukum dari koalisi masyarakatr sipil. Lucu juga SK (surat keputusan) penonaktifannya," kata Novel, Selasa 11/5/21 dikutip dari indozone.id

Novel juga  menilai penonaktifan 75 pegawai KPK yang di anggap tidak lolos TWK bukan proses yang wajar. 

Di dalam SK tersebut terdapat poin yang Novel dan pegawai lainnya yang tak lolos TWK harus menyerahkan semua tugas dan tanggung jawab ke atasan,artinya, Novel Baswedan tidak boleh lagi melakukan penyidikan atas kasus-kasus korupsi.

Padahal, selama ini diketahui, Novel beserta sejumlah penyidik lain yang tak lulus TWK, dikenal sebagai orang yang sering membongkar kasus korupsi kelas kakap.

"Tentu ini berbahaya. Karenanya sikap kami jelas, yakni kami akan melawan!" ujar Novel.(Red)