Kebakaran Lapas Tangerang di Mata Dunia

Kebakaran hebat yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) dini hari kemarin, menjadi sorotan mata dunia

Kebakaran Lapas Tangerang di Mata Dunia
suasana kebakaran lapas Tangerang - sumber foto cnnindonesia
Kebakaran Lapas Tangerang di Mata Dunia

Kebakaran hebat yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) dini hari kemarin, menyeruak di berbagai media hingga menjadi sorotan mata dunia.  

Kenapa hal ini bisa terjadi. Sudut pandang mereka tertuju pada kapasitas membludaknya penghuni Lapas dan dan lemahnya sistem kelistrikan di Lapas.  

Bangunan penjara yang didesaign dan dibangun berkapasitas kurang lebih 900 napi, malah dipenuhi dengan ribuan narapidana hingga menampung 2.072 orang.

Bahkan salah satu media di AS, menulis sebuah kicauan yang menyebut, hanya tersedia 13 penjaga untuk memantau ribuan penghuni di setiap shift.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti, mengatakan kejadian kebakaran Lapas ini akan memicu timbulnya perdebatan di Indonesia tentang kondisi dan sistem yang digunakan di Lapas.

 "Kebakaran tersebut kemungkinan akan memicu perdebatan di Indonesia tentang keadaan sistem penjara," tulis New York Times

Kebakaran Lapas Tangerang juga telah merenggut nyawa warga negara asing (WNA), Reuters dalam artikel berjudul "Fire Kills 41 in Overcrowded Indonesia Prison Block

“Beberapa kerabat juga terhanyut menjadi korban kebakaran dan sudah tidak dapat diidentifikasi karena parahnya kondisi,” ungkap Reuters berdasar keterangan dari Rumah Sakit Umum Tangerang

Reuters juga menulis, penjara di Indonesia terkenal penuh sesak. Karena penekanan penahanan dari pada rehabilitasi, bagi mereka yang dihukum terkait narkoba dan telah menyalahi aturan undang-undang narkotika.

Pemerintah harus merombak kebijakan, jika tidak bukanlah hal mustahil jumlah narapidana bisa mencapai 400.000 dalam lima tahun kedepan. (yy)