KAI Jamin Penumpang Jalani Prokes Saat Puncak Arus Balik Nataru

Sebagai antisipasi dan penekanan angka penularan Covid-19, PT KAI memastikan seluruh penumpang dalam kondisi sehat.

KAI Jamin Penumpang Jalani Prokes Saat Puncak Arus Balik Nataru
PT KAI prediksi puncak arus bali Nataru terjadi hari ini (3/1) dan besok (4/1). (Foto: M. Sholeh)

News Sinergi - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang sudah menjalani protokol kesehatan, baik keberangkatan maupun kedatangan, pada puncak arus balik libur Natal dan Tahun baru.

Seberti rilis yang diterima News Sinergi, PT KAI Daop 1 Jakarta memprediksi puncak arus balik terjadi pada Rabu (3/1) dan Kamis (4/1). Sekitar 16 ribu pengguna jasa tiba di area Daop 1 Jakarta dari total 39 kereta api yang datang, dengan rincian 22 kereta api tiba di Stasiun Senen dan 17 lainnya di Stasiun Gambir. Sementara esok hari akan ada sekitar 15 ribu orang lebih dari total 37 kereta api, 21 kereta tiba di Stasiun Senen dan 16 lainnya di Stasiun Gambir.

Sebagai antisipasi dan penekanan angka penularan Covid-19, PT KAI memastikan seluruh penumpang dalam kondisi sehat. Hal itu didasarkan pada berkas rapid Antigen yang dimiliki para penumpang, saat akan berangkat dari dan menuju Daop 1 Jakarta, dengan masa berlaku tiga hari. Selain itu, kesehatan seluruh orang yang berada di stasiun juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh secara berkala.


Baca Juga: Pemprov DKI Perpanjang PSBB Masa Transisi, Sampai Kapan?


"Penumpang yang tidak dapat memenuhi dua Syarat Protokol kesehatan tersebut, yakni surat rapid antigen dengan hasil Negatif dan Suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat dipastikan tidak dapat melakukan perjalanan KA," ujar Kepala Daop 1 Jakarta, Eko Purwanto.

"Meski pada masa angkutan Nataru jumlah pengguna mengalami peningkatan namun Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin baik untuk penumpang dan petugas," tukasnya.

Area Daop 1 Jakarta juga sebelumnya menyediakan layanan Rapid Antigen, berlangsung pada 21 Desember 2020 sampai 2 Januari 2021. Dalam periode tersebut, sebanyak 40 ribu calon penumpang melakukan tes. Selain itu, PT KAI juga mewajibkan penggunaan pelindung wajah (faceshield) di sepanjang perjalanan hingga tempat tujuan. (sty)

Situasi Puncak Arus Balik Libur Nataru