Jembatan Honduras: Selesai Dibangun, Aliran Sungai Berubah Arah

Pemerintah Honduras awalnya memiliki ide brilian untuk membangun sebuah jembatan yang tahan badai dan angin topan.

Jembatan Honduras: Selesai Dibangun, Aliran Sungai Berubah Arah
Jembatan Choluceta, Honduras (Foto: Istimewa)

News Sinergi - Kejadian aneh nan nyata terjadi di salah satu negara Amerika Tengah, tepatnya Honduras. Sebuah jembatan dibangun namun tak berguna karena kolongnya tak dialiri sungai.

Melansir dari Duexpress, pemerintah Honduras awalnya memiliki ide brilian untuk membangun sebuah jembatan yang tahan badai dan angin topan. Maka jadilah jembatan Choluteca sepanjang 484 meter yang dibangun antara tahun 1996 hingga 1998.

Namun tak lama selesai dibangun, badai mematikan menghantam wilayah Amerika Tengah. Badai bernama Mitch menyebabkan 11 ribu kematian di Amerika Tengah, termasuk 7000 jiwa di Honduras.


Baca Juga: Putus Tunangan, Pria Brasil Nikahi Diri Sendiri


Sesuai dengan tujuan awal, jembatan Choluteca tetap berdiri kokoh walau ada kerusakan ringan dan seluruh jalan penghubungnya tersapu bersih. Bahkan menjadi satu-satunya jembatan yang tetap berdiri pasca badai dahsyat di Honduras.

Namun sayangnya, kebanggaan itu tak berlangsung lama. Badai Mitch yang menyapu hampir seluruh wilayah Honduras ternyata membuat aliran sungai di bawah jembatan Choluteca berubah arah. Jembatan yang tadinya sangat dibanggakan warga Honduras itu kini menjadi seperti tak berguna. (sty)


Artikel Terkait