Gubernur DKI Positif Covid-19, Klaster Mana?

Anies sebelumnya sempat melakukan tes swab pada 25 November 2020 dan hasilnya negatif.

Gubernur DKI Positif Covid-19, Klaster Mana?
Anies Baswedan positif Covid-19 meski tak memiliki gejala (Foto: Tangkapan Layar video konfirmasi Anies)

News Sinergi - Gubernur DKI, Anies Baswedan mengonfirmasi terpapar Covid-19. Padahal sepekan sebelumnya, Anies baru menjalani tes swab dan hasilnya negatif.

Melalui pesan video yang diterima News Sinergi, Gubernur DKI memastikan terpapar Covid-19 walau tak memiliki gejala.

Anies sebelumnya sempat melakukan tes swab pada 25 November 2020 dan hasilnya negatif. Namun setelah mengetahui Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria, positif terpapar Covid-19, Anies memutuskan untuk melakukan tes ulang dan hasilnya positif.

"Seperti telah diketahui, bapak Wakil Gubernur beberapa hari lalu, terdeteksi positif (Covid-19) dan teridentifikasi, tertular dari staf pribadi yang dulunya tertular lewat klaster keluarga," kata Anies Baswedan, Selasa (1/12).


Baca Juga: Ketua Banggar DPR RI Apresiasi Pembubaran BPWS


"Saya rutin melakukan swab tes, terakhir 25 November dan hasilnya negatif. Tapi setelah mendengar kabar pak Wagub positif, sementara kita ada interaksi cukup dekat, maka sesuai protokol kesehatan saya kembali melakukan tes," terangnya.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, hasil tes swab antigen pada Minggu (29/11) menunjukkan tak ada indikasi positif. Untuk memastikan lebih jauh lagi, sosok 51 tahun itu kembali melakukan tes PCR pada Senin (30/11). Hasil terakhir yang keluar pada Selasa (1/12) dini hari menunjukkan Anies positif Covid-19.  

"Saya menyampaikan ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya beberapa hari ini, bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan. Isolasi mandiri atau tes PCR usap," tegas Anies.

Anies Baswedan memastikan bakal menjalani isolasi mandiri di rumah dinas, terpisah dari keluarganya. Selain itu Anies juga akan mengikuti produser pengobatan yang telah ditetapkan. (sty)