Meninggal Usia 90, Ini 5 Film Sean Connery Paling Tak Terlupakan

Sepanjang karier di dunia perfilman, Connery telah menerima berbagai penghargaan bergengsi

Meninggal Usia 90, Ini 5 Film Sean Connery Paling Tak Terlupakan
Sean Connery: 25 Agustus 1930 - 31 Oktober 2020 (foto: istimewa)

News Sinergi - Aktor legendaris Inggris Raya, Sean Connery, meninggal dunia di usia 90 pada Sabtu (31/10). Berikut deretan film terkenal yang pernah dibintangi superstar kelahiran Edinburgh, Skotlandia. 

Sepanjang karier di dunia perfilman, Connery telah menerima berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya Piala Oscar pada 1987 sebagai aktor pendukung terbaik dalam film 'The Untouchables' dan aktor utama terbaik dalam film 'The Name of The Rose' di tahun yang sama.

Nama Connery kian melambung saat membintangi peran James Bond dan bermain dalam tujuh judul film Bond. Dan berikut adalah daftar film tenar yang pernah dibintangi Sean Connery, sebagaimana dilansir Augustman.

 

Dr. No (1962)

Merupakan film pertama Sean Connery sebagai agen rahasia James Bond. Memiliki tubuh kekar dan berkarisma, Connery sukses memerankan film besutan sutradara Terence Young ini.

Pada film yang diangkat dari novel Ian Fleming (1953) ini, Bond dikirim ke Jamaika untuk memecahkan kasus hilangnya seorang agen, hingga akhirnya bertemu dengan ilmuwan jahat Dr. No.


 

Marnie (1964)

Marnie adalah film bergenre thriller yang disutradarai Alfred Hitchcock pada 1964. Di sini, Sean Connery berperan sebagai duda kaya bernama Mark Rutland yang memiliki perusahaan penerbitan di Philadelphia, Amerika Serikat. 

Film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Marnie yang memiliki masalah psikologis dan kerap melakukan pencurian, termasuk di kantor Mark. Mark, yang awalnya marah, justru jatuh hati pada Marnie.


 

The Name of the Rose (1986)

Film inilah yang mengantarkan Sean Connery meraih Piala Oscar sebagai pemeran utama terbaik. Berlatar belakang abad ke-14, Connery berhasil memerankan karakter William von Baskerville.


 

The Untouchables (1987)

The Untouchables merupakan film gangster Amerika yang disutradarai Brian De Palma. Usai dirilis pada 3 Juni 1987, film ini meraih keuntungan sebesar 76 juta dollar secara dosmetik dan mendapatkan empat nominasi di ajang Academy Awards. Berkat film ini, Connery meraih Piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik. 


 

India Jones and the Last Crusade (1989)

Yang paling epik dan tentu saja tak terlupakan, adalah peran Connery sebagai Henry Jones sekaligus ayah dari Indiana Jones yang diperankan oleh Harisson Ford pada 1989. Dari film ini, Connery masuk nominasi sebagai pemeran pendukung pria terbaik di ajang Golden Globes dan BAFTA. 

(sty)