Dilema Pengusaha Warung Makan Terkait Melambungnya Harga Cabai

Dilema Pengusaha Warung Makan Terkait Melambungnya Harga Cabai
foto : newssinergi/Sholeh Quple

News Sinergi - Harga cabai mulai kembali merangkak naik, seperti di pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, harga rawit merah (cabai setan) saat ini berada dikisaran harga 120-140 ribu/Kg, sedangkan untuk Cabai Rawit hijau biasa berada di kisaran 50-60 Ribu/Kg, Jumat (05/03/21)

Selain ibu rumah tangga, imbas dari tingginya harga cabai di pasaran dirasakan para pengusaha Rumah makan. Salah satunya Ema pemilik rumah makan di bilangan Ciputat Raya Jakarta Selatan, ia harus mengeluarkan dana lebih untuk belanja dan mengurangin porsi dari makanannya agar para pelanggannya tidak beralih ke tempat lain.

Baca JugaKetua Banggar DPR Sebut Perlu Adanya Sektor Baru Sebagai Alternatif Penopang Pertumbuhan Ekonomi

"belanja jadi dobel mas buat cabe doang, jadi  harus ngakalin pake cabe rawit yang ijo, yang lebih murah,dan porsi nasi juga saya kurangin sedikit, biar pelanggan gak pada lari, saya mau naekin harga kasihan lagi susah begini" ujar Ema.

Saat ini Ema tidak terlalu memikirkan keuntungan dari hasil usaha warung makannya. Ema han berpikir serta fokus untuk tetap bisa memepertahankan usahanya di tengah kondisi yang serba sulit.

"kalo sekarang gimana caranya kita tetep jalan, buat belanja ada, ya porsinya dikurangin, soalnya kita juga ngertiin kondisi lagi kaya gini," tutup Ema. (slh/arf/rzk)