Cuma di Swiss, Emas Dibuang Percuma

Para peneliti pada 2016 lalu mendeteksi 3 ton perak dan 43 kg emas di tempat pembuangan limbah dan selokan Swiss.

Cuma di Swiss, Emas Dibuang Percuma
Di tahun 2020, Swiss tercatat sebagai pusat pemurnian dan transit emas terbesar dunia. (Foto: Reuters)

News Sinergi - Pernahkah Anda terbayang menemukan emas di tempat pembuangan limbah? Inilah yang terjadi di salah satu negara terkaya dunia, Swiss.  

Para peneliti pada 2016 lalu mendeteksi 3 ton perak dan 43 kg emas di tempat pembuangan limbah dan selokan. Nilainya ditaksir mencapai 3 juta franc Swiss atau kala itu setara Rp40 miliar.

Berdasarkan studi pemerintah Swiss, kandungan emas itu kemungkinan berasal dari industri pembuatan jam, farmasi dan kimia, yang menggunakan logam dalam proses pembuatan.

Ahli Geologi, Bas Vriens juga menduga emas itu berasal dari seseorang yang dengan sengaja membuang perhiasannya.

"Ini tentang seorang pria atau wanita yang sedang bertengkar melempar perhiasan mereka ke dalam toilet, namun sayangnya kita tidak menemukan cincin," kata Bas Vriens, dilansir reuters.

"Level emas atau perak sangat kecil, dalam jumlah mikrogram, atau bahkan nanogram, namun jika kamu menggabungkan semua, ini cukup banyak," jelasnya.


PILIHAN EDITOR


Kadar emas lebih tinggi ditemukan di wilayah barat Swiss, tepatnya di daerah Jura. Wilayah itu memang terkenal dengan industri pembuatan jam yang menggunakan logam mulia.

Ada pula daerah Ticino, area selatan Swiss, yang memiliki tambang emas. Ini adalah satu-satunya wilayah yang memungkinkan untuk pengolahan logam.

Namun demikian, Swiss telah melakukan antisipasi agar kandungan emas tersebut tidak sampai ke saluran air rumah tangga.

"Mustahil orang mendapatkan emas atau perak saat merebus air karena biasanya air sudah disaring sebelum keluar keran," tegas Vriens.

Di tahun 2020, Swiss tercatat sebagai pusat pemurnian dan transit emas terbesar dunia, telah mengekspor 412,9 ton emas ke Amerika Serikat. Juga telah mengirimkan berjuta ton emas ke Tiongkok, Hong Kong dan India. (sty)