Charger HP Cepat Rusak? ini 2 Penyebab Utamanya

  • Bagikan
ilustrasi : freepik

Newssinergi – Ketahui Penyebab Charger HP Cepat Rusak – Penyebab charger HP cepat rusak umumnya terjadi karena kebiasaan yang salah dalam menggunakan charger HP itu sendiri. Salah satu Penyebab Charger HP Cepat Rusak yang paling sering adalah karena kebiasaan menggulung kabel charger HP secara sembarangan, dimana hal tersebut dapat merusak komponen serat tembaga pada kabel charger.

Jika sudah terlanjur rusak, maka mau tidak mau Anda harus membeli charger HP baru yang biasanya harganya lumayan mahal untuk keluaran aslinya. Tapi ada KW kan? Sebaiknya hindari produk KW atau aksesoris charger HP palsu. Karena hal ini akan berisiko merusak ponsel Anda, yang justru menambah biaya jika ponsel harus diperbaiki.

Selain berbahaya untuk ponsel Anda, charger palsu lebih mudah rusak. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik. Salah satunya jika Anda pengguna iPhone yang cukup ‘boros’ menggunakan kabel charger, alangkah bijaknya jika Anda membeli kabel pabrikan. Atau jika harus, maka Anda bisa membeli kabel dengan merek pihak ketiga yang bagus dan asli serta ada sertifikasi standar produk.

Baca JugaMembuat Instagram Swipe Up, Simak 5 Cara ini

Namun sekali lagi, sebagus apapun kabel charger yang Anda miliki, jika Anda menggunakannya sembarangan, masih banyak potensi yang menyebabkan charger HP cepat rusak. Lalu, apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan charger HP cepat rusak? Di bawah ini telah kami rangkum berbagai kebiasaan yang umumnya menyebabkan charger HP cepat rusak, dan ada baiknya Anda menghindarinya.

Penyebab Charger Hp Cepat Rusak

Membeli Charger KW Atau Imitasi

Penyebab charger HP cepat rusak ini berawal dari kebiasaan membeli produk yang tidak original. Yang dimaksud dengan asli bukan berarti Anda harus membeli dari pabrikan merk HP tersebut. Namun, Anda juga bisa membeli produk dari merek pihak ketiga yang juga original, dan yang terpenting sudah bersertifikat keamanan produk.

Meski charger dari pabrikan sangat mahal, sebaiknya jangan membeli yang tiruan atau yang biasa disebut KW. Sebab, meski bentuknya sama, namun kualitasnya sangat jauh berbeda. Bahkan charger atau tiruan KW tidak cocok untuk digunakan oleh ponsel Anda.

Di sisi lain, resiko kerusakan pada HP sendiri juga sangat besar. Karena komponen dalam KW charger atau tiruannya tidak terjamin kualitas dan kontrol pendistribusian tenaga listriknya. Salah-salah bisa merusak komponen HP Anda.

Memainkan Hp Saat Mengisi Daya

Asyiknya main game, tiba-tiba baterai HP harus segera dicharge. Alih-alih menghentikan permainan untuk menunggu ponsel mengisi daya baterainya, ia terus bermain. Padahal, kebiasaan inilah yang menjadi sumber kerusakan pada charger. Namun sayangnya hal ini terlalu sepele dan sangat wajar oleh sebagian orang.

Jika tidak percaya, coba mainkan game sambil mengisi daya. Kemudian sentuh bagian kepala charger HP, dan biasanya akan terasa cukup panas saat itu juga. Padahal panas dari charger HP sangat beresiko membuat komponen charger HP rusak. Bahkan, kebiasaan ini juga membuat baterai HP cepat drop. (rzk)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *