BMKG Minta Warga Jakarta Waspada Banjir

Curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi akan melanda 28 provinsi Indonesia antara 28-29 Januari 2021

BMKG Minta Warga Jakarta Waspada Banjir
Curah Hujan Meningkat, Warja Jakarta Diminta Waspada Banjir (Foto: M.Sholeh - News Sinergi)

News Sinergi - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga DKI Jakarta agar waspada terhadap ancaman banjir akibat intensitas hujan tinggi.

Hal demikian seperti disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulisnya pada hari ini, Kamis (28/1).

Curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi akan melanda 28 provinsi Indonesia antara 28-29 Januari 2021, termasuk Jakarta.


Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Perpanjang Masa PSBB


"Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, potensi dampak dengan status siaga adalah DKI Jakarta," kata Guswanto dikutip Berita Jakarta.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," tukasnya.  

Dalam keterangannya, BMKG juga mengingatkan status siaga banjir di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua Barat. (sty)