Awas! Sebar Video Syur Mirip Gisel Terancam Hukum Pidana

Menurut Azam, penyebar video syur yang sedang viral tersebut bisa dikenakan hukum Undang-Undang (UU) ITE.

Awas! Sebar Video Syur Mirip Gisel Terancam Hukum Pidana
(Foto: dok.Azam Kahn)

News Sinergi - Video syur mirip artis Gisel Anastsia membuat geger warganet baru baru ini dan sempat menjadi trending topic di Twitter. Menanggapi hal tersebut, praktisi hukum Azam Khan turut angkat bicara.

Menurut Azam, penyebar video syur yang sedang viral tersebut bisa dikenakan hukum Undang-Undang (UU) ITE. Lebih lanjut Azam menjelaskan, bagi para pihak yang terbukti menyebarluaskan, bisa terkena beberapa pasal di antaranya Pasal 27 ayat (1).

Pasal tersebut berbunyi: 'Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan'.

"Undang-Undang (UU) ITE. Ada Pasal 27, Pasal 28, Pasal 45, nanti polisi yang menyimpulkan, tergantung arahnya," kata Azam kepada News Sinergi, Sabtu (8/11).

Dalam pemaparannya, Azam menjelaskan pasal pencemaran baik yang bisa digunakan andai konten yang disebar ternyata bukan orang yang dimaksud. Maka si penyebar bisa dikenakan Pasal 27 ayat (3) yang berisi tentang pencemaran nama baik dan Pasal 28 ayat (2) tentang penyebaran informasi yang menimbulkan kebencian.  

Namun demikian, kasus ini bisa menjadi blunder tersendiri bagi seorang Gisella Anastasia. Azam menilai jika ternyata wanita dalam video tersebut adalah dirinya, maka akan ada proses hukum menanti.  

"Itu butuh pembuktian. Ada seseorang merasa dicemarkan tidak terima. Namun ada juga memang benar orang melakukan begitu (hubungan badan). Dia merasa dicemarkan akhirnya melawan," ujar Azam.

"Sekarang tinggal bagaimana penyidik, apakah (Gisel) melaporkan siapa (akun) Instagram, Facebook. Tapi kalau ternyata itu benar adalah orang yang dimaksud, sementara dia melaporkan (video) disebarkan. Apakah kena pidana? Tetap terkena pidana. Tapi, yang bikin video, siapa dulu," jelasnya.

Sementara itu pihak Gisel Anastasia rencananya akan menyelenggarakan konferensi pers di Polda Metro Jaya pada hari ini, Minggu (8/11/2020). (slh/sty)