Amou Haji: Lansia Asal Iran yang Nggak Mandi 67 Tahun

Amou Haji, sosok yang dilabeli sebagai manusia terkotor di dunia.

Amou Haji: Lansia Asal Iran yang Nggak Mandi 67 Tahun
Amou Haji takut mandi. (Foto: Daily Mail)
Amou Haji: Lansia Asal Iran yang Nggak Mandi 67 Tahun

News Sinergi - Pernahkah Anda terpikir untuk tidak mandi bertahun-tahun? Jangankan dalam jangka yang panjang, tidak mandi selama satu hari saja rasanya tidak enak bagi sebagian banyak orang. Faktanya, hal tersebut tidak berlaku bagi pria paruh baya asal Iran, Amou Haji.

Melansir berita India Times yang dirilis pada 20 Januari 2021, ada seorang pria berusia 87 yang sudah tidak mandi selama 67 tahun. Dia adalah Amou Haji, sosok yang dilabeli sebagai manusia terkotor di dunia.    

Dalam keterangannya, Amou Haji memutuskan untuk tidak mandi selama bertahun-tahun karena takut dengan air. Ia percaya bisa menjadi sakit jika menjadi bersih setelah mandi.

Keanehan Amou Haji bukan hanya persoalan mandi. Pria yang tinggal di desa Dejgah, Kermanshah, Iran, ini ternyata mempunyai kebiasaan memakan bangkai hewan, terutama landak.  

Tidak sampai soal itu saja. Amou Haji juga gemar merokok menggunakan pipa. Tapi jangan salah, yang dihisapnya ternyata bukan tembakau seperti kebanyakan orang, melainkan kotoran hewan.

Agar rambutnya tidak terlalu panjang, Amou Haji kerap memotongnya dengan cara dibakar. Dan saat musim dingin tiba, Amou Haji hanya memakai helm di kepalanya.

Untuk tempat tinggal, Amou Haji biasanya mencari lubang yang menyerupai kuburan. Meski demikian, warga sekitar mendirikan bangunan bata untuk ditempati Amou Haji.   

Ternyata, Amou Haji memilih gaya hidup seperti ini karena pengalaman emosional yang dialaminya semasa muda. Sejak saat itu, Haji memilih untuk mengisolasi diri. (sty)


FAKTA UNIK LAINNYA