5 Manfaat Bermain Sepak Bola Untuk Tubuh

  • Bagikan
foto : freepik

Newssinergi –  Berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang atau untuk kesehatan fisik manusia. Salah satu olahraga yang paling populer dan digemari adalah sepak bola.

Dari permainan Sepak Bola ini muncul berbagai tim hebat dari berbagai negara, seperti Real Madrid, Manchester United, Barcelona dan lain-lain. Tim-tim hebat inilah yang membuat permainan sepak bola semakin banyak peminatnya.

Setiap cabang olahraga pasti memiliki cara bermain yang khusus, adapun cara bermain dalam sepak bola harus ada dua tim, dan setiap tim terdiri dari 11 orang. Dalam permainan ini, kedua tim berjuang untuk menggunakan taktik tertentu untuk mendapatkan poin dari bola yang masuk ke gawang lawan, dan pemenang ditentukan dari poin terbanyak.

Sepak bola biasanya dimainkan dengan durasi 2 x 45 menit, kemudian ditambah dengan waktu istirahat 15 menit dan Olahraga ini harus dilakukan di lapangan terbuka. Dalam permainan sepak bola juga terdapat aturan main, karena pada dasarnya setiap permainan olahraga lainnya juga memiliki aturan khusus agar olahraga tersebut mendapatkan manfaat yang berguna bagi tubuh.

Aturan dalam sepak bola termasuk offside, pelanggaran, tendangan bebas, tendangan penalti, tendangan gawang, tendangan sudut dan tendangan dalam. Aturan-aturan ini pasti resmi dibuat dan disetujui oleh pihak atau badan asosiasi sepak bola.

 

Kebugaran kardiovaskular

Dengan bermain sepak bola akan meningkatkan metabolisme otot dan karakteristik kebugaran aerobik Anda. Karena dengan berlari dan mengejar bola selama 90 menit permainan tidak hanya meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Ilmuwan peneliti di Universitas Kopenhagen mencoba menentukan tingkat VO2max, atau pengambilan oksigen maksimal, dengan memberikan tes treadmill kepada pemain sepak bola dan memeriksa ekspirasi udara untuk kandungan oksigen dan karbon dioksida.

Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penyerapan oksigen maksimal, peningkatan kecepatan lari, dan daya tahan. Temuannya dipublikasikan di Skandinavia Journal of Medicine and Science in Sports.

Baca Juga : Serba-Serbi dan Sejarah Olahraga Tenis

Membangun otot

Anda akan merasakan manfaat lain seperti peningkatan daya tahan tubuh, yang berarti Anda tidak akan merasa lesu atau mudah lelah karena dalam bermain sepak bola dapat membantu membangun otot dan memperkuat otot-otot kaki, paha, perut, dan dada. dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Dengan otot yang lebih kuat, ini juga akan membantu mengurangi risiko cedera.

Kekuatan

Bermain sepak bola secara teratur, akan membangun kekuatan pada kaki, terutama paha depan dan paha belakang. Gerakan seperti berlari mengelilingi lapangan dan menendang bola akan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Lincah dan Fleksibel

Dalam bermain sepak bola akan membantu atlet menjadi lebih fleksibel karena gerakan cepat yang dibutuhkan karena perubahan konstan yang dilakukan selama bermain, yang juga mendorong otot yang lebih kuat.

Kontrol berat badan

Jenis olahraga ini dapat membantu mereka menghilangkan lemak tubuh karena untuk Mereka yang suka bermain sepak bola cenderung tidak memiliki tubuh gemuk. Sepak bola adalah bentuk latihan aerobik, dan dapat membantu membakar banyak kalori dan lemak, yang berarti bahwa seseorang cenderung dapat mempertahankan berat badannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *